Perempuan Yahudi juga Mengenakan Burka

Perempuan Yahudi juga Mengenakan Burka

Diterbitkan : 26 September 2011 – 11:29am | Oleh Bari Muchtar (Foto: ashi)

Di Eropa belakangan ini, perempuan yang mengenakan burka banyak disoroti. Apalagi karena beberapa negara sudah memberlakukan larangan mengenakan pakaian yang menutup seluruh wajah ini.

Burka yang dipermasalahkan di Eropa itu adalah burka perempuan muslim atau muslimah.

Yahudi
Tapi tahukah Anda bahwa ada juga perempuan Yahudi yang suka mengenakan pakaian serba menutup jasad ini? Di Israel yang dikenal negara moderen sama seperti Eropa dan Amerika itu makin banyak perempuan ultra ortodoks Yahudi yang mengenakan burka.

Mengenakan burka atau nikab adalah trend baru di negara Yahudi itu. Perempuan pengikut Haredi, aliran yang paling konservatif dalam Yudaisme. Di Mea Shearim, sebuah kawasan penduduk penganut Yahudi ortodoks di Yeruzalem, perempuan pemakai nikab itu dijuluki “ibu-ibu Talilban.”

Ratusan
Gerakan mengenakan burka ini berawal enam tahun lalu, ketika ada imbauan dari perempuan ultra ortodoks Yahudi untuk memerangi kebejatan moral di Israel. Serta merta makin banyak perempuan Yahudi memenuhi imbauan itu.

Sekarang jumlah perempuan yang mengenakan burka sudah ratusan.

Gagasan ini semula memang didorong oleh para rabi yang sangat ortodoks dan malah oleh pengadilan ultra ortodoks. Tapi sekarang para rabi dan pengadilan ini justru menarik dukungan mereka, melalu sebuah petisi, karena mereka kaget melihat eksesnya. Demikian koran De Pers.

http://www.rnw.nl/bahasa-indonesia/article/perempuan-yahudi-juga-mengenakan-burka