Dari Anas dan Qatadah, “Rasulullah saw bersabda, Sesungguhnya beliau melarang seseorang minum sambil berdiri.” Qotadah berkata: “Bagaimana dengan makan?” Beliau menjawab: “Itu lebih buruk lagi”. (HR.Muslim dan Turmidzi). Bersabda Nabi dari Abu Hurairah, “Jangan kalian minum sambil berdiri ! Apabila kalian lupa, maka hendaknya ia muntahkan!” (HR. Muslim)

Rabu, 20 Juni 2012

Alasan Tidak Boleh Makan Minum Sambil Berdiri

Hal penting yang kadang kita lupakan dan tinggalkan, ternyata adalah minum sambil berdiri. bisa kita lihat di jalan, dalam acara, bahkan selesai jogging, kita tidak menyadari kalau ternyata minum sambil berdiri itu sangat berbahaya bagi tubuh.

Tinjauan medis mengapa tidak boleh minum sambil berdiri. Minum saat duduk akan disaring oleh sfringer. Sfringer adalah suatu struktur maskuler (berotot) yang bisa membuka sehingga air kemih bisa lewat dan menutup. Dan tiap air yang kita minum akan disalurkan pada pos-pos penyaringan yang ada di ginjal. Jadi, saat minum sambil berdiri, mengakibatkan air masuk tanpa melalui proses penyaringan dan bisa langsung menuju kandung kemih, yang akan mengakibatkan pengendapan di saluran ureter.

Mengapa begitu? Karena air yang kita minum tidak 100% steril untuk diolah tubuh. Jadi jika tidak melalui proses penyaringan, setidaknya ada 2 penyakit yang kemungkinan bisa timbul yaitu :

Air bersih yang mengandung kapur, karena tidak disaring oleh sfringer akan menumpuk di saluran kencing yang akihirnya mengkristal. Ini lazim disebut kencing batu.

Limbah-limbah yang menyisa di ureter bisa menyebabkan penyakit kristal ginjal yang berbahaya. Salah satu gejalanya adalah susah buang air kecil, karena keberadaan kristal tersebut. (Percayalah, seberapa besar dan mengkilapnya kristal ini tidak akan laku dijual).

Itulah efek buruknya pada ginjal anda, yang kita tahu salah satu fungsinya yakni menyaring racun ke dalam tubuh.

Lalu apa yang harus dilakukan? Selalu ingatkan diri sendiri untuk minum sambil duduk, dan minum air putih sesuai kebutuhan yang dianjurkan.

Idealnya adalah

1-3 gelas saat bangun tidur pada pagi hari

2-3 gelas 1 jam sebelum makan siang dan

2-3 gelas 1 jam sebelum makan malam.

Tidak perlu sampai 8 gelas, karena kebutuhan setiap orang berbeda.

Ternyata, dari segi agamapun ada larangannya. Dan ini tidak perlu diragukan lagi. Bukti larangan Islam terhadap makan dan minum sambil berdiri ini di pertegas dalam hadist sebagai berikut :

Dari Anas dan Qatadah, “Rasulullah saw bersabda, Sesungguhnya beliau melarang seseorang minum sambil berdiri.” Qotadah berkata: “Bagaimana dengan makan?” Beliau menjawab: “Itu lebih buruk lagi”. (HR.Muslim dan Turmidzi).

Bersabda Nabi dari Abu Hurairah, “Jangan kalian minum sambil berdiri ! Apabila kalian lupa, maka hendaknya ia muntahkan!” (HR. Muslim)

Saya sendiri kadang minum sambil berdiri, mudah-mudahan ke depannya kita bisa lebih baik lagi, Sehat itu kan kebahagian yang tak terukur nilai da harganya.

bersyukur🙂

Alhamdulillah🙂

Barusan Baca ini:kesehatan.kompasiana.com/medis/2012/04/26/ternyata-ini-alasannya/

foto:soekarnosan.wordpress.com

http://www.iezul.web.id/2012/06/alasan-tidak-boleh-makan-minum-sambil.html