Maksud dari Surat Al Ma’aarij 70:40 “Maka Aku bersumpah dengan Tuhan Yang memiliki timur dan barat, sesungguhnya Kami benar-benar Maha Kuasa”

Maksud dari Surat Al Ma’aarij 70:40

 

 

Yusuf

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum pak. Saya ingin menanyakan maksud dari Surat Al Ma’aarij 70:40, yg berbunyi “Maka Aku bersumpah dengan Tuhan Yang memiliki timur dan barat, sesungguhnya Kami benar-benar Maha Kuasa”. 
Saya sedikit kebingungan dengan kata “AKU” (siapakah Aku). Mohon penjelasannya dari bapak.Terimakasih.

Jawaban:

Assalamu’alaikum Wr. Wb. Semoga Allah Swt. mencurahkan rahmat dan petunjuk-Nya kepada kita semua. Saudara Yusuf, yang dimaksud dengan kata ”Aku” pada ayat tersebut adalah Allah Swt. sendiri. Demikianlah yang disebutkan oleh seluruh ahli tafsir. Kalau melihat kepada sumpah Allah dalam Alquran, kadangkala Dia bersumpah dengan diri-Nya yang disifati dengan sejumlah sifat-Nya, kadang dengan tanda-tanda kebesaran-Nya yang melekat pada Zat dan sifat-Nya, serta kadangkala dengan sebagian makhluk-Nya sebagai bukti atas kekuasaan-Nya. (al-Tibyân fî Aqsâm al-Qur’ân). 

Maka, sumpah Allah pada surat al-Maarij ayat 40 di atas adalah jenis sumpah Allah Swt. dengan diri-Nya sendiri. 

Wallahua’lam bish-shawab. Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

 

http://www.syariahonline.com/v2/thaharah/1619-maksud-dari-surat-al-maaarij-7040.html