Antara Tahi dan Darah Terdapat Susu yang Bersih

Antara Tahi dan Darah Terdapat Susu yang Bersih

27082011

 Oleh: Urip Santoso

“Dan sesungguhnya dari binatang ternak itu benar-benar terdapat pelajaran bagi kamu. Kami memberi minum dari pada apa yang terdapat pada perutnya ( berupa ) susu yang bersih antara tahi dan darah, yang mudah ditelan (dicerna) bagi orang-orang yang meminumnya”. (QS. An-Nahl : 66)

Mari kita coba memahami ayat ini. Hewan (misalnya sapi) mengkonsumsi pakan, dimana pakan (misalnya rumput) mengandung zat-zat gizi.  Proses fermentasi karbohidrat dalam remeno-retikulum akan menghasilkan asam lemak atsiri terutama asetat, propionate, n-butirat, laktat dan format. Sebagian besar asam lemak atsiri diserap langsung melalui dinding rumen; hanya sedikit asetat, beberapa propionate dan sebagian besar butirat termetabolisme dalam dinding rumen. Asam lemak atsiri yang terbentuk merupakan sumber energy utama. Secara normal hanya sedikit (kira-kira 10%) karbohidrat yang lolos dari proses fermentasi rumen yang mendapat proses enzimatis guna menghasilkan glukosa untuk diserap. Pada umumnya hanya sedikit karbohidrat dalam bentuk glukosa yang dapat diserap dalam saluran pencernaan. Glukosa merupakan precursor utama pembentukkan laktosa atau gula susu.Lemak pakan dalam rumen mengalami proses hidrolisis, fermentasi, hidrogenasi dan beberapa proses lain. Nitrogen dan protein akan mengalami  degradasi dalam rumen, kemudian dsintesis kembali dalam bentuk protein mikrobia. Hewan ruminant mempunyai protease pancreas termasuk peptidase. Penentu utama adalh jumlah karbohidrat dan nitrogen (tidak perlu protein) dan jumlah protein yang  bebas dari degrades dalam rumen, Komposisi asam amino yang memasuki usus kecil ruminant bervariasi. Aliran digesta dari abomasums di hewan ini merupakan proses yang terus menerus. Oleh karena itu suplai asam amino yang akan diserap juga sedikit banyaknya secara terus menerus pula. Asam amino ini diserap dalam dinding usus. Demikian pula zat gizi yang lain seperti mineral dan vitamin. Mereka dicerna dan diserap di dalam saluran pencernaan.

Tidak semua zat-zat gizi dalam pakan yang dapat dicerna dan diserap. Bahan yang tidak dapat dicerna dan diserap dikeluarkan dalam bentuk feses atau kotoran ternak.  Ini merupakan tahap pertama perjalanan zat-zat gizi dalam tubuh hewan ruminansia, atau tahap saringan pertama.

Selanjutnya zat-zat gizi yang telah diserap tersebut akan didistribusikan ke seluruh tubuh dengan darah sebagai alat transportasinya. Mengingat sebagian besar darah adalah air, maka semua zat-zat gizi yang akan didistribusikan harus larut dalam darah. Zat gizi yang tidak larut dalam air seperti lemak, sebelum diserap akan diubah terlebih dahulu menjadi  protein (lipoprotein) dalam saluran pencernaan. Demikian pula halnya dengan mineral dan vitamin.

Proses selanjutnya adalah seleksi zat-zat gizi yang ada dalam darah untuk diubah menjadi zat-zat gizi dalam susu. Melalui suatu proses yang rumit, darah disaring di dalam sel-sel epitel ambing dan disintesis menjadi zat-zat gizi susu. Disinilah asam amino, glukosa, asam lemak, mineral, vitamin dll diubah menjadi protein susu (kasein), laktosa, lemak, mineral, vitamin dll. Sisa hasil saringan akan dibawa oleh darah untuk dibuang melalui ginjal. Dalam kondisi normal, susu bebas mikrobia sehingga bersifat steril.

Mungkin inilah tafsir dari susu yang bersih  antara tahi dan darah!

Lalu bagaimana sifat-sifat susu tersebut?  Susu mempunyai zat gizi yang seimbang yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Susunan asam aminonya yang seimbang, serta kandungan gizi yang proposional sesuai dengan kebutuhan tubuh membawa susu merupakan makanan yang halal dan thayib (baik). Kata “mudah ditelan” bukan sekadar pada sifatnya yang cair sehingga mudah ditelan, namun juga merujuk kepada bahwa  zat-zat  gizi yang ada dalam susu itu mudah dicerna. Oleh sebab itu, barangkali terjemahan yang lebih tepat adalah mudah dicerna, atau mudah ditelan dan dicerna.

Hanya ini yang bisa saya uraikan berkaitan dengan ungkapan dalam ayat tersebut di atas. Tentu saja untuk detailnya Anda diharap mempelajari  proses tersebut dalam buku-buku nutrisi ternak dan biologi laktasi. Anda akan lebih kagum lagi betapa rumitnya proses pembentukan susu di dalam tubuh.

http://uripsantoso.wordpress.com/2011/08/27/antara-tahi-dan-darah-terdapat-susu-yang-bersih/

 

=============================

PROSES PEMBENTUKAN SUSU

……Kelenjar susu tersusun dari gelembung-gelembung susu sehinggaberbentuk seperti setandan buah anggur. Dinding gelembungmerupakan sel-sel yang menghasilkan air susu. Bahan pembentuk airsusu berasal dari darah

http://id.scribd.com/doc/51290883/PROSES-PEMBENTUKAN-KELENJAR-SUSU