Belgia: 475 Kasus Pelecehan Anak 5 Juta PenganutAncam Tinggalkan Gereja

Belgia: 475 Kasus Pelecehan Anak, 5 Juta Ancam Tinggalkan Gereja

BRUSSELS (voa-islam.com): Komisi Penyelidikan Independen di Belgia mengkonfirmasikan terjadinya ratusan kasus pelecehan seksual dalam Gereja Katolik lebih dari tiga dekade pada paruh kedua abad kedua puluh.
Komite penyelidikan di kota Louvain yang terletak di sebelah timur ibukota Brussels hari ini dalam laporan terakhir menegaskan telah terjadi sedikitnya 475 kasus pelecehan seksual terhadap anak-anak dalam Gereja Katolik di Belgia pada periode antara tahun enam puluhan hingga delapan puluhan abad kedua puluh.
Menurut kantor berita Jerman bahwa laporan tersebut berdasarkan penyelidikan kepada para korban dan bukti gambar pelanggaran seksual, dan itu setelah Konferensi Keuskupan Belgia telah mengizinkan Komite untuk melihat besarnya pelecehan seksual.
Perlu dicatat bahwa Roger Vangylwi, uskup dari kota Broja telah mengajukan pengunduran dirinya April lalu setelah mengaku bersalah melakukan pelecehan terhadap keponakannya sendiri berulang kali.
5 juta warga Jerman berencana meninggalkan Gereja.
Sebuah jajak pendapat telah mengungkapkan bahwa hampir seperempat dari penganut Kristen Katolik di Jerman berpikir akan keluar dari gereja, setelah terbongkarnya skandal pelecehan seksual terhadap anak di dalam gereja, dan pakatan untuk menutupinya .
Jajak pendapat yang diadakan oleh surat kabar Jernman “Bild” yang tersebar luas bekerja sama dengan Institut “Forsa” untuk mengukur indikator pendapat dan disiarkan melalui situs resminya Jumat lalu bahwa 23% dari umat Katolik Jerman berpikir untuk keluar dari gereja, termasuk 19% nya menyebut diri mereka “sangat religius”.
Ini berarti bahwa Gereja Katolik bisa kehilangan sekitar 5 juta pengikut dari total populasi di Jerman sekitar 25 juta orang.
Krisis terburuk yang dihadapi gereja yang telah mengguncang citranya di depan para pengikutnya, setelah terungkap adanya skandal pelecehan seksual terhadap anak di dalam Gereja di Jerman dan negara-negara Eropa lainnya, dimana skandal tersebut telah menyeret nama Benediktus XVI Paus Vatikan yang menyembunyikan skandal selama beberapa tahun.
(ar/islammemo)

http://news.abatasa.com/news/detail/international/7120/belgia-475-kasus-pelecehan-anak-5-juta-ancam-tinggalkan-gereja#

Advertisements