Shalat di Tempat Kerja, Glenn Mack Harus Dipecat dari Pekerjaannya

 

Shalat di Tempat Kerja, Glenn Mack Harus Dipecat dari Pekerjaannya

Selasa, 08/11/2011 08:48 WIB | Arsip | Cetak

 

Seorang pria Muslim yang dulu bekerja di toko Whole Foods Callowhill mengklaim ia dikecam oleh supervisor karena melakakukan ibadah shalat di tempat penyimpanan dan dipecat dari toko tersebut untuk keyakinan agamanya.

Tuduhan tersebut sangat mengganggu karena Whole Foods melakukan promosi yang menampilkan makanan halal Ramadhan tahun ini, kata Amara Chaudhry, direktur Dewan Hubungan Islam Amerika (CAIR) Philadelphia, yang mewakili karyawan yang dipecat tersebut.

“Kami percaya bahwa Whole Foods melakukan tindakan diskriminasi terhadap karyawan atas dasar agama dan tampaknya bertentangan dengan upaya sebelumnya di mana mereka mencoba menjangkau komunitas Muslim,” kata Chaudhry.

Glenn Mack Jr, 24 tahun, yang bekerja untuk Whole Foods sejak tahun 2008 dan mengklaim dia tidak pernah mendapat cuti, menyatakan bahwa setelah ia mengambil 18 hari libur pada bulan November 2010 untuk menunaikan ibadah haji ke Makkah, ia diturunkan statusnya menjadi pegawai musiman.

Ketika ia mengeluh kepada departemen HRDperusahaan, ia merasa didiskriminasi karena agamanya, kata Chaudhry.

Namun, setelah ia mengeluh, Mack mengklaim bahwa sekitar tiga atau empat kali ia diikuti ke tempat penyimpanan di mana dia selalu shalat di sana tanpa masalah dan kemudian ia dicela oleh supervisor, Chaudhry mengatakan. Satu-satunya tempat ia merasa aman untuk shalat setelah itu adalah di dekat tempat pembuangan sampah toko, katanya menambahkan.

Tiga bulan kemudian, pada bulan Februari 2011, Mack dipecat dari toko, dan diberitahu alasan pemecatannya karena kehadirannya, meskipun ia mengklaim hal itu merupakan tuduhan palsu, kata Chaudhry.

Mack mengajukan keluhan ke Komisi Kesetaraan Kerja pada bulan Maret lalu, kata Chaudhry.

Namun dalam sebuah pernyataan tertulis, Whole Foods membantah tuduhan yang dilakukan oleh Mack.(fq/philly)

http://www.eramuslim.com/berita/dunia/shalat-di-tempat-kerja-glenn-mack-harus-dipecat-perusahaan.htm

Advertisements