Unitarianisme

Unitarianisme
Dari Wikipedia, ensiklopedia bebas Dari Wikipedia, ensiklopedia Bebas

Istilah ‘unitarian ini digunakan secara berbeda oleh berbagai kelompok: Unitarianisme (dikapitalisasi) telah datang untuk dihubungkan dengan beberapa keyakinan Kristen liberal di samping kepribadian tunggal Allah. unitarian Suami Istilah ‘perlengkapan Secara berbeda Dibuat berbagai Kelompok: Unitarianisme (dikapitalisasi) Artikel Baru telah Datang untuk dihubungkan beberapa Kristen liberal kepribadian keyakinan selain Allah tunggal. penyangkalan informal dari Trinitas, kadang-kadang disebut unitarianisme (uncapitalized), lebih sering disebut nontrinitarianism. Unitarianisme Alkitabiah mengacu pada bentuk konservatif nontrinitarianism, yang memegang ke Kristologi Socinian, dimana Yesus tidak memiliki keberadaan pra-manusia. Dari penolakan Informal Trinitas, unitarianisme disebut kadang-kadang (uncapitalized), nontrinitarianism disebut lebih Sering. unitarianisme Alkitab mengacu PADA Bentuk konservatif nontrinitarianism, Yang memegang ke Socinian Kristologi, Dimana Yesus regular tidak memiliki pra-eksistensi Manusia. Istilah informal juga mencakup kelompok-kelompok mengikuti Kristologi Arian, di mana Yesus adalah mahluk ciptaan sebelum keberadaan manusia. Istilah informal Juga mencakup Kelompok-Kelompok mengikuti Kristologi Arian, di mana Yesus adalah mahluk ciptaan at keberadaan Manusia.

Unitarianisme tidak menerima Ketuhanan Yesus, dan karena itu tidak termasuk sistem kepercayaan nontrinitarian yang melakukannya-, misalnya, Pentakostalisme Keesaan, United Pentecostal Church International dan Gereja Yesus Sejati-yang mempertahankan bahwa Yesus adalah Allah sebagai satu orang. Unitarianisme regular tidak menerima Ketuhanan Yesus, dan KARENA ITU regular tidak termasuk sistem kepercayaan nontrinitarian Yang melakukannya-, misalnya, Pentakostalisme Keesaan, United Pentecostal Church International dan Gereja Yesus Sejati mempertahankan bahwa Yesus-yang adalah Allah sebagai Satu Orang.
Isi Isi
[Hide]

  • 1 Sejarah 1 Sejarah
  • 2 Keyakinan 2 Keyakinan

+ 2.2.1 Penerimaan dari perawan 2.2.1 kelahiran perawan kelahiran Penerimaan
2.2.2 + 2.2.2 Psilanthropism Psilanthropism

  • 3 modern Kristen Unitarian organisasi 3 modern Organisasi Kristen Unitarian
  • 4 Terkemuka Terkemuka Unitarian Unitarian 4
  • 5 Lihat juga 5 Lihat Juga
  • 6 Referensi 6 Referensi
  • 7 Sumber 7 Sumber
  • 8 External links 8 Pranala Luar

[Sunting] Sejarah [sunting] Sejarah
Bagian ini tidak mengutip manapun acuan atau sumber. Suami Name of regular tidak mengutip manapun Acuan atau sumber.
Silakan bantu memperbaiki artikel ini dengan menambahkan referensi yang layak. Silakan bantu memperbaiki artikel Artikel Baru Suami menambahkan kutipan ke sumber terpercaya. Disertai rujukan bahan mungkin sulit dan dihapus. (Desember 2010) Disertai Bahan rujukan mungkin dihapus dan ditantang. (Desember 2010)
Artikel utama: Sejarah Unitarianisme Artikel Utama: Sejarah Unitarianisme

Unitarianisme, baik sebagai teologi dan sebagai keluarga denominasi gereja, didefinisikan dan dikembangkan dalam Reformasi Protestan, meskipun bentuk awal dapat ditemukan dalam kekristenan primitif. [Rujukan?] Istilah Unitarian pertama kali muncul sebagai religio unitaria dalam dokumen Diet Lécfalva, Transylvania pada tanggal 25 Oktober 1600, meskipun tidak banyak digunakan di Transylvania sampai 1638, ketika recepta formal keagamaan Unitaria diterbitkan. Unitarianisme, Baik sebagai teologi dan denominasi Keluarga sebagai Gereja, dan dikembangkan didefinisikan KESAWAN Reformasi Protestan, meskipun Bentuk dapat ditemukan akhir KESAWAN Kekristenan primitif. [Rujukan? ] Istilah Unitarian Pertama kali muncul sebagai sebuah KESAWAN unitaria religio Dokumen diet Dari Lécfalva, Transylvania PADA Tanggal 25 Oktober 1600, meskipun regular tidak BANYAK perlengkapan di Transylvania Sampai 1638, ketika diterbitkan Unitaria recepta keagamaan formal. Brethren Polandia atau Socinians, yang memulai kegiatan mereka pada 22 Januari 1556, tidak mengadopsi nama, mungkin karena perbedaan mereka dengan kaum Unitarian Transylvania, tetapi Christopher Sandius pada tahun 1668 berjudul publikasi tentang karya-karya mereka: Bibliotheca Fratrum Polonorum quos Unitarios vocant (Perpustakaan Ikhwan Polandia yang disebut Unitarian 4 jilid 1665-1669.). Brethren Polandia atau Socinians, Yang memulai kegiatan mereka PADA 22 Januari 1556, regular tidak mengadopsi Nama, mungkin KARENA penyusutan mereka kaum Unitarian Transylvania Artikel Baru, tetapi Christopher Sandius years PADA 1668 Tentang publikasi berjudul karya-karya mereka: Bibliotheca Fratrum Polonorum quos vocant Unitarios (Perpustakaan Ikhwan Yang disebut Unitarian Polandia 4 Jilid 1665-1669.). Nama itu diperkenalkan ke dalam bahasa Inggris oleh Henry Socinian Hedworth tahun 1673. Nama diperkenalkan ke KESAWAN ITU bahasa Inggris Dibuat Socinian Henry Hedworth years 1673.

Gerakan ini mendapatkan popularitas di belakang Pencerahan dan mulai menjadi denominasi resmi di Inggris pada tahun 1774 ketika Theophilus Lindsey diselenggarakan pertemuan dengan Joseph Priestley. Gerakan Suami mendapatkan popularitas di bangun Mulai Dari Pencerahan dan menjadi denominasi resmi di Inggris PADA years 1774 ketika Theophilus Lindsey diselenggarakan Pertemuan Artikel Baru Joseph Priestley. Unitarianisme tidak sepenuhnya hukum di Inggris sampai Doktrin Trinitas Act 1813. Regular tidak sepenuhnya Hukum Unitarianisme di Inggris Sampai Doktrin Trinitas Undang-Undang 1813.
[Sunting] Teologi dan perbedaan kelompok keagamaan [sunting] Teologi penyusutan dan denominasi

Seiring waktu, beberapa Unitarian dan Unitarian Universalists banyak yang pindah dari akar Kristen tradisional Unitarianisme. [2] Sebagai contoh, di tahun 1890-an American Unitarian Association mulai mengizinkan gereja-gereja non-Kristen dan non-teistik dan individu untuk menjadi bagian dari persekutuan mereka. [3] Sebagai hasilnya, orang yang tidak memegang kepercayaan Unitarian mulai disebut “Unitarian” karena mereka adalah anggota gereja-gereja yang berasal dari American Unitarian Association. Seiring julian, beberapa Unitarian dan Unitarian Universalists BANYAK Yang Pindah Dari akar Kristen Unitarianisme tradisional. [2] Sebagai contoh, di years 1890-an American Unitarian Association Mulai mengizinkan-Kristen dan non-teistik Gereja-Gereja non individu untuk menjadi Name of Dari Persekutuan mereka. [3] Sebagai hasilnya, Orang Yang regular tidak memegang kepercayaan Unitarian Mulai disebut “Unitarian” Karena mereka adalah anggota Gereja-Gereja Yang berasal Dari American Unitarian Association. Setelah beberapa dekade, para anggota non-teistik kalah jumlah kaum Unitarian teologis. [4] Sebuah tempat, yang sama meskipun secara proporsional jauh lebih kecil, fenomena telah diambil dalam gereja-gereja Unitarian di Inggris, Kanada, dan negara-negara lain, yang tetap lebih theistically berbasis. Penghasilan kena pajak beberapa dekade, para anggota non-teistik Kalah Aset teologis kaum Unitarian. [4] Sebuah serupa, meskipun JAUH Kecil Secara lebih proporsional, fenomena telah terjadi di Gereja-Gereja Unitarian di Inggris, Kanada, dan Negara-Negara lain, lebih Tetap Yang theistically SISTEM REKOMENDASI INDEKS.

Para Unitarian Istilah itu telah diterapkan baik untuk mereka yang memegang keyakinan teologis Unitarian dan untuk mereka yang menjadi milik sebuah gereja Unitarian. Para Unitarian Istilah ITU telah diterapkan Baik untuk memegang keyakinan mereka Yang teologis Unitarian dan untuk mereka Yang menjadi milikini sebuah Gereja Unitarian. teologi Unitarian adalah dibedakan dari sistem kepercayaan modern gereja Unitarian dan Unitarian Universalis dan beasiswa. dibedakan adalah teologi Unitarian Dari sistem kepercayaan modern dan Universalis Unitarian Unitarian dan Gereja beasiswa.
[Sunting] Pembangunan di abad ke-21 [sunting] Pembangunan di abad ke-21

Dalam beberapa tahun terakhir telah terjadi, relatif kecil namun signifikan, pertumbuhan dalam kelompok dengan pandangan Kristen Unitarian dan etos khusus. [Rujukan?] Ada kehadiran terlihat orang Kristen Unitarian di Internet, seperti Fellowship Restorasi (kelompok Unitarian Alkitabiah) dan Unitarian Ministries International. [Siapa? ] Online jaringan telah berkembang terus selama beberapa waktu, menarik anggota dari seluruh dunia. Beberapa KESAWAN years Terakhir telah terjadi Kecil, Yang Belum relatif signifikan, KESAWAN Kelompok pertumbuhan Artikel Baru pandangan Kristen Unitarian ETOS dan Khusus. [Rujukan? ] Ada kehadiran terlihat Orang Kristen Unitarian di Internet, Pembongkaran Fellowship Restorasi (a Unitarian Alkitabiah Kelompok) dan Unitarian Ministries International. [Siapa? ] Online Jaringan telah berkembang Terus selama beberapa julian, anggota Menarik Dari seluruh Dunia. Banyak orang Kristen Unitarian yang bergabung dengan jaringan ini tidak memiliki jemaat di wilayah mereka, mengandalkan internet sebagai bentuk utama dari kontak dengan sesama orang percaya mereka. [Riset asli? ] BANYAK Orang Kristen Unitarian Yang bergabung Artikel Baru Jaringan Suami regular tidak memiliki Jemaat di Wilayah mereka, mengandalkan internet sebagai Bentuk Utama Artikel Baru Dari Kontak Sesama Orang Percaya mereka [. riset asli? ]

Pada bulan Mei 2004 Rev Peter Hughes, wakil ketua Lancashire Timur Unitarian Misi, dan menteri di Chowbent Chapel dekat Wigan, didirikan pada 1645, menerbitkan sebuah artikel dalam jurnal gerakan, The Inquirer dan memberikan wawancara kepada The Times di mana ia memperingatkan kepunahan Gereja Unitarian. PADA bulan Mei 2004 Rev Peter Hughes, wakil ketua Unitarian Misi Lancashire Timur, dan menteri di Kapel Chowbent Dekat Wigan, didirikan PADA 1645, menerbitkan sebuah artikel di jurnal Gerakan, The Inquirer dan memberikan wawancara kepada The Times di mana besarbesaran memperingatkan kepunahan Gereja Unitarian. Menurut The Times, “telah gereja kurang dari 6.000 anggota di Inggris;. Separuhnya berusia di atas 65” Menurut The Times, “Gereja telah Kurang Dari 6.000 anggota di Inggris, di antaranya berusia di Setengah tetap Permanent 65.” Dia menambahkan, “mereka tidak memiliki menteri sejak 1976 dan penyebab Unitarian ada efektif mati.” Dia menambahkan, “mereka regular tidak memiliki menteri sejak 1976 dan penyebab Unitarian tersebut berlaku ADA mati.” Presiden denominasi itu, Dawn Buckle, dosen pensiunan dalam pendidikan, membantah bahwa gerakan itu dalam fase terminal dan menggambarkannya sebagai “komunitas yang berkembang mampu mempertahankan pertumbuhan”. [5] Ada lebih dari 180 jemaat Unitarian di Inggris. [Rujukan?] Hughes mengacu pada Toxteth Chapel di Liverpool, membangun gerakan tertua, di mana ia dibesarkan. [Rujukan?] Presiden denominasi’s, Fajar Buckle, dosen Pensiunan Pendidikan KESAWAN, bahwa Gerakan ITU KESAWAN membantah terminal fase dan menggambarkannya sebagai “Komunitas Yang Mampu mempertahankan pertumbuhan berkembang”. [5] Ada lebih Dari 180 Jemaat Unitarian di Inggris. [Rujukan? ] Hughes mengacu PADA Toxteth Chapel di Liverpool, Bangunan tertua Gerakan, di mana besarbesaran dibesarkan. [Rujukan? ]
[Sunting] Keyakinan [sunting] Keyakinan

Unitarian mematuhi monoteisme yang ketat, dan mempertahankan bahwa Yesus adalah orang besar dan seorang nabi Allah, bahkan mungkin makhluk gaib, tetapi bukan Allah sendiri. [6] Mereka percaya Yesus tidak mengklaim sebagai Allah, dan bahwa ajarannya tidak menyarankan keberadaan Allah Tritunggal. monoteisme ketat mematuhi Unitarian, dan mempertahankan bahwa Yesus adalah Orang Besar dan nabi Allah, bahkan mungkin Suami supranatural, tetapi Bukan Allah Sendiri. [6] Mereka Percaya Yesus regular tidak mengklaim sebagai Allah, dan bahwa ajaran-ajarannya regular tidak menunjukkan adanya Allah Tritunggal. Unitarian percaya pada otoritas moral, tetapi belum tentu ketuhanan, Yesus. PADA Percaya Unitarian otoritas moral, ketuhanan Belum tentu tetapi, Yesus. teologi mereka dengan demikian menentang teologi trinitarian denominasi Kristen lainnya. Artikel Baru teologi mereka demikian teologi trinitarian bertentangan Artikel Baru Lainnya denominasi Kristen.

Unitarian Kristologi dapat dibagi berdasarkan apakah Yesus diyakini memiliki keberadaan pra-manusia. Unitarian Kristologi dapat dibagi berdasarkan apakah Yesus diyakini memiliki keberadaan pra-Manusia. Kedua bentuk mempertahankan bahwa Allah adalah salah satunya dan satu “orang”-yang Yesus disebut “Bapa”-dan bahwa Yesus adalah (atau a) Anak Allah, tetapi umumnya bukan Allah sendiri. [7] Kedua Bentuk mempertahankan bahwa Allah adalah Satu Satu dan sedang “Orang”-yang Yesus disebut “Bapa”-dan bahwa Yesus adalah (atau a) Anak Allah, tetapi umumnya Bukan Tuhan Sendiri. [7]
[Sunting] Pribadi keberadaan pra-manusia [sunting] keberadaan pra-Manusia Pribadi

Dalam satu bentuk, Anak Allah dianggap memiliki pra-ada sebagai Logos, yang diciptakan oleh Allah, yang tinggal dengan Allah di surga sebelum kelahirannya sebagai manusia, Yesus. KESAWAN Bentuk Satu, Anak Allah dianggap memiliki pra-ada sebagai Logos, Yang Dibuat diciptakan Allah, Allah Yang Artikel Baru Tinggal di Surga at kelahirannya sebagai Manusia, Yesus. teologi ini biasanya disebut Arianisme, namun ada banyak jenis bentuk Unitarianisme, mulai dari keyakinan bahwa Anak adalah roh ilahi dari sifat yang sama seperti Allah sebelum datang ke bumi, dengan keyakinan bahwa ia adalah malaikat atau makhluk kecil yang lain roh yang sifatnya sama sekali berbeda dari Allah. Suami biasanya disebut teologi Arianisme, namun ADA BANYAK Bentuk jenis dan Unitarianisme, Mulai Dari keyakinan bahwa Anak adalah roh ilahi Dari Sifat Yang sama Pembongkaran at Allah Datang ke bumi, keyakinan bahwa besarbesaran Artikel Baru adalah Malaikat atau makhluk lain Yang Kecil Yang roh sama sifatnya berbeda Dari Sekali Allah. (Arius ‘pandangan tidak menyajikan Yesus sebagai malaikat.) (Arius pandangan’ regular tidak menyajikan Yesus Malaikat pelanggaran tersebut.)

Dalam sistem kepercayaan, Yesus selalu di bawah Allah, tetapi lebih tinggi dari manusia. KESAWAN sistem kepercayaan, Yesus Selalu di Bawah Allah, tetapi lebih Tinggi Dari Manusia. Hal ini terkait dengan tokoh-tokoh gereja awal seperti Justin Martyr, Lucian dari Antiokhia, Eusebius dari Kaisarea, Arius, Eusebius dari Nikomedia, Asterius para Sofis, Eunomius, dan Ulfilas, serta Felix, Uskup Urgel dan orang lain yang percaya bahwa Yesus adalah Allah dalam kodrat ilahi, tetapi bahwa keilahian-Nya dalam kodrat manusia-Nya adalah melalui adopsi. Michael Servetus tidak menyangkal keberadaan pra-Kristus. [8] Isaac Newton keyakinan Arian juga. [Klarifikasi diperlukan] [9] Terkenal abad ke-19 Arian Unitarian termasuk Andrews Norton [10] dan Dr William Ellery Channing. [11] ide Arian bertahan antara Unitarian di Transylvania, Hungaria, Perancis, dan beberapa negara di Afrika. [Rujukan?] Hal Suami Berlangganan Artikel Baru Gereja tokoh-tokoh akhir Pembongkaran Justin Martyr, Lucian Dari Antiokhia, Eusebius Dari Kaisarea, Arius, Eusebius Dari Nikomedia, Asterius para Sofis, Eunomius, dan Ulfilas, Serta Felix, Uskup Urgel dan Orang lain Yang Percaya bahwa Yesus adalah ilahi KESAWAN kodrat Allah, tetapi keilahian-Nya bahwa KESAWAN kodrat-Nya Manusia adalah adopsi Canada. Michael Servetus regular tidak menyangkal keberadaan pra-KRISTUS. [8] Isaac Newton Juga memiliki keyakinan Arian. [Diperlukan klarifikasi] [9] 19 abad Terkenal Arian Unitarian termasuk Andrews Norton [10] dan Dr William Ellery Channing. [11] ide Arian bertahan ANTARA Unitarian di Transylvania, Hungaria, Perancis, dan beberapa Negara di Afrika. [Rujukan? ]

Sejak abad ke-19, nontrinitarians Injili atau beberapa Restorasionis juga mengadopsi Kristologi terkadang diklasifikasikan sebagai Arianisme atau Semi-Arianisme, tetapi secara teknis bukan Unitarian (dikapitalisasi), baik karena doktrin konservatif mereka, seperti ajaran ketidakmungkinsalahan alkitabiah, atau pembangunan mereka di luar, dan kurangnya hubungan dengan, gerakan Unitarian sejarah. Sejak abad ke-19, beberapa Injili atau Restorasionis nontrinitarians Juga mengadopsi Kristologi terkadang diklasifikasikan sebagai Arianisme atau Semi-Arianisme, tetapi Secara tehnis Bukan Unitarian (dikapitalisasi), Baik KARENA doktrin konservatif mereka, ajaran alkitabiah ketidakmungkinsalahan Pembongkaran, Pembangunan atau mereka di Luar, dan Artikel Baru kurangnya sales, Sejarah Gerakan Unitarian. tokoh penting termasuk Barton W. Stone dan Charles Taze Russell. [12] tokoh parts termasuk Barton W. Stone dan Charles Taze Russell. [12]
[Sunting] No keberadaan pribadi pra-manusia [sunting] No keberadaan pra-Manusia Pribadi

Fitur yang membedakan keyakinan ini adalah penyangkalan dari keberadaan pra-pribadi Kristus. Fitur Suami Yang membedakan keyakinan adalah penolakan terhadap eksistensi KRISTUS Pribadi-at. Ada berbagai pandangan mulai dari keyakinan bahwa Yesus, anak Yusuf, adalah orang besar yang menjadi penuh dengan Roh Kudus, sering adopsionisme disebut (atau, pada abad ke-19, psilanthropism), dengan keyakinan bahwa ia secara harfiah adalah Anak Allah melalui kelahiran perawan. Ada berbagai pandangan Mulai Dari keyakinan bahwa Yesus, anak Yusuf, adalah Orang Besar Yang Penuh Roh Kudus menjadi Artikel Baru, Sering adopsionisme disebut (atau, PADA abad ke-19, psilanthropism), keyakinan bahwa besarbesaran Artikel Baru Secara harfiah adalah Anak Allah Canada kelahiran perawan.
[Sunting] Penerimaan kelahiran perawan [sunting] perawan kelahiran Penerimaan

Theodotus Byzantium, [13] Artemon [14] dan Paulus dari Samosata [15] menyangkal keberadaan pra-Kristus namun menerima kelahiran perawan. [16] ini dilanjutkan oleh Marcellus dari Ankara dan Photinus muridnya di abad ke 4 Masehi. [17] Dalam Reformasi Radikal dan gerakan Anabaptis abad ke-16 ini muncul kembali dengan Lelio Sozzini dan keponakannya Fausto Sozzini. Theodotus Byzantium, [13] Artemon [14] dan Paulus Dari Samosata [15] menyangkal keberadaan pra-KRISTUS namun menerima kelahiran perawan. [16] Suami dilanjutkan Marcellus Dibuat Dari Ankara dan muridnya Photinus PADA abad ke-4 Masehi. [17] KESAWAN Reformasi Radikal dan Gerakan Anabaptis abad ke-16 muncul Suami Dilaporkan Lelio Artikel Baru Sozzini dan keponakannya Fausto Sozzini. Setelah mempengaruhi Ikhwan Polandia ke deklarasi formal kepercayaan dalam Katekismus Racovian, mereka memberi nama “Socinianism” untuk posisi ini Kristologis, [18] yang dilanjutkan dengan Bahasa Inggris Unitarian seperti John Biddle ‘s dua kali lipat Katekismus (1654). Penghasilan kena pajak mempengaruhi Ikhwan Polandia ke deklarasi kepercayaan KESAWAN formal Katekismus Racovian, mereka memberi Nama “Socinianism” untuk Posisi Suami Kristologis, [18] Yang s Artikel Baru dilanjutkan Bahasa Inggris Unitarian Pembongkaran John Biddle ‘doa kali lipat Katekismus (1654). Unitarian Alkitabiah seperti Kristadelfia, [19] [20] dan Gereja Allah Iman Abrahamik, tidak percaya adanya pra literal-Kristus, tetapi percaya pada kelahiran perawan. Unitarian Alkitabiah Pembongkaran Kristadelfia, [19] [20] dan Gereja Allah Iman Abrahamik, regular tidak Percaya KESAWAN keberadaan KRISTUS Dari pra-literal, tetapi Percaya PADA kelahiran perawan. Titik perbedaan dalam kepercayaan Unitarian tentang hal ini, dan keajaiban pada umumnya adalah sekitar 1800, dengan Thomas Belsham (1806), Richard Wright (1808) penulisan terhadap konsepsi ajaib. [21] [22] Titik penyusutan KESAWAN kepercayaan Unitarian Tentang Suami hal, dan keajaiban PADA umumnya adalah sekitar 1800, Artikel Baru Thomas Belsham (1806), Richard Wright (1808) terhadap Ajaib Penulisan konsepsi. [21] [22]
[Sunting] Psilanthropism [sunting] Psilanthropism

Penolakan kelahiran perawan juga kadang-kadang digambarkan sebagai Ebionism dari Ebionit, namun, Origen (Contra Celsum v.61) dan Eusebius (HE iii.27) keduanya menunjukkan bahwa beberapa Ebionit tidak menerima kelahiran perawan. [23] Chambers Biographical Dictionary ascribes penolakan kelahiran perawan untuk Ferenc David, pemimpin Unitarian Transylvania. Penolakan kelahiran perawan kadang-kadang Juga digambarkan sebagai Ebionism Dari Ebionit, namun, Origen (Contra Celsum v.61) dan Eusebius (HE iii.27) keduanya menunjukkan bahwa beberapa Ebionit regular tidak menerima kelahiran perawan. [23] Chambers Biographical Kamus ascribes penolakan untuk kelahiran perawan Ferenc David, pemimpin Unitarian Transylvania. Pandangan psilanthropist diwujudkan dalam Unitarianisme Rasionalis, yang muncul dari Rasionalisme Jerman dan teologi liberal abad ke-19. Pandangan psilanthropist diwujudkan KESAWAN Unitarianisme Rasionalis, Yang muncul Dari Rasionalisme Jerman dan teologi liberal abad ke-19. pendukung Its mengambil pendekatan intelektual dan humanistik dengan agama, menolak sebagian besar peristiwa ajaib dalam Alkitab (termasuk kelahiran perawan). pendukung pendekatan intelektual dan mengambil Its Artikel Baru Agama humanistik, sebagian Besar menolak Peristiwa Ajaib KESAWAN Alkitab (termasuk kelahiran perawan). Mereka memeluk konsep evolusi, menegaskan bahwa “kebaikan yang melekat pada manusia”, dan meninggalkan doktrin infalibilitas Alkitab. Mereka memeluk Konsep Evolusi, menegaskan bahwa “kebaikan melekat Yang PADA Manusia”, dan meninggalkan doktrin infalibilitas Alkitab. Contoh penting adalah Theodore Parker dan Frederick Henry pagar, dan Unitarian Rasionalis [24] William Ellery Channing. [25] Contoh parts adalah Theodore Parker dan Frederick Henry pagar, dan Unitarian Rasionalis [24] William Ellery Channing. [25]

Meskipun tidak ada otoritas khusus tentang keyakinan kepercayaan Unitarian selain dari penolakan Trinitas, kepercayaan yang berlaku umum berikut: [26] Meskipun regular tidak ADA otoritas Khusus Tentang keyakinan kepercayaan Unitarian selain Dari penolakan Trinitas, kepercayaan Yang Berlaku Umum berikut: 26 [ ]

  • Satu Allah dan kesatuan atau keesaan Tuhan. Satu Allah dan kesatuan atau keesaan Tuhan.
  • Kehidupan dan ajaran Yesus Kristus merupakan model contoh untuk hidup sendiri. Kehidupan dan ajaran Yesus KRISTUS merupakan model Sendiri untuk Hidup contoh.
  • Alasan, pemikiran rasional, ilmu pengetahuan, dan filsafat hidup berdampingan dengan iman dalam Tuhan. Alasan, rasional pemikiran, pengetahuan Ilmu, dan Filsafat Hidup berdampingan Artikel Baru KESAWAN iman Tuhan.
  • Manusia memiliki kemampuan untuk melaksanakan kehendak bebas secara bertanggung jawab, konstruktif dan etis dengan bantuan agama. Manusia memiliki kemampuan untuk melaksanakan kehendak Bebas KESAWAN, konstruktif dan bertanggung jawab Secara etis Agama Artikel Baru bantuan.
  • Sifat manusia dalam kondisi sekarang ini tidak inheren korup atau rusak (lihat Original Sin), tetapi mampu baik dan yang jahat, seperti maksud Tuhan. Sifat Manusia KESAWAN kondisi sekarang inheren Suami regular tidak korup atau rusak (modem.jpg Original Sin), tetapi Mampu Baik dan Yang Jahat, Pembongkaran maksud Tuhan.
  • Tidak ada agama bisa mengklaim monopoli absolut pada Roh Kudus atau kebenaran teologis. Agama regular tidak ADA Yang Bisa mengklaim monopoli absolut PADA Roh Kudus atau kebenaran teologis.
  • Meskipun para penulis Alkitab diilhami oleh Allah, mereka adalah manusia dan karena itu memiliki kesalahan manusia. Meskipun Penulis Alkitab diilhami Dibuat Allah, mereka adalah Manusia dan KARENA ITU Manusia memiliki kesalahan.
  • Doktrin tradisional yang (mereka percaya) memfitnah karakter Tuhan atau tabir hakikat dan misi Yesus Kristus, seperti doktrin predestinasi, hukuman kekal, dan pengorbanan perwakilan atau teori kepuasan Kurban Tebusan ditolak. Tradisional doktrin bahwa (mereka Percaya) Karakter atau memfitnah’s Tabir hakikat Tuhan dan Yesus MISI KRISTUS, Pembongkaran doktrin predestinasi, Kekal hukuman, pengorbanan atau Perwakilan dan Teori kepuasan Dari Kurban Tebusan ditolak.

Unitarian liberal memiliki pemandangan Allah, Yesus, dunia dan tujuan hidup seperti diungkapkan melalui akal, beasiswa, ilmu pengetahuan, kitab suci filsafat, dan para nabi lainnya dan agama. Pemandangan liberal Unitarian telah Allah, Yesus, Dunia dan Hidup Composition Komposisi Pembongkaran Canada diungkapkan alasan, beasiswa, Ilmu pengetahuan, Filsafat, kitab Suci dan para nabi lain dan Agama. Mereka percaya bahwa alasan dan keyakinan saling melengkapi dan bahwa agama dan ilmu bisa hidup berdampingan dan membimbing mereka dalam pemahaman mereka tentang alam dan Tuhan. Mereka Percaya bahwa alasan dan keyakinan saling melengkapi dan bahwa Ilmu Agama dan Bisa Hidup berdampingan dan membimbing mereka KESAWAN mereka pemahaman Tentang alam dan Tuhan. Mereka juga tidak menegakkan kepercayaan dalam kredo atau formula dogmatis. Mereka Juga regular tidak menegakkan keyakinan KESAWAN kepercayaan dogmatis atau formula. Walaupun ada fleksibilitas dalam nuansa kepercayaan atau kebenaran dasar bagi orang Kristen Unitarian individu, prinsip-prinsip umum iman telah diakui sebagai cara untuk mengikat kelompok dalam beberapa kesamaan. Walaupun ADA fleksibilitas KESAWAN nuansa kepercayaan atau ditempatkan kebenaran untuk individu Kristen Unitarian, Prinsip-Prinsip Umum iman telah diakui sebagai cara untuk mengikat Kelompok KESAWAN beberapa kesamaan. Penganut umumnya menerima pluralisme agama dan menemukan nilai dalam semua ajaran, namun tetap berkomitmen untuk keyakinan inti mereka dalam ajaran Kristus. [Rujukan?] Unitarian umumnya nilai sebuah masyarakat sekuler di mana pemerintah disimpan terpisah dari urusan agama. Penganut umumnya menerima pluralisme Agama dan menemukan Nilai KESAWAN * Semua ajaran, namun Tetap berkomitmen untuk keyakinan mereka KESAWAN inti ajaran KRISTUS ‘. [Rujukan? ] Unitarian umumnya Nilai Masyarakat sekuler di mana pemerintah adalah disimpan terpisah Dari urusan Agama. Kebanyakan orang Kristen Unitarian kontemporer percaya bahwa kegiatan politik pribadi moral seseorang keyakinan satu petunjuk, dan bahwa masyarakat sekuler adalah yang paling layak, adil dan adil. [Rujukan?] Kebanyakan Orang Kristen Unitarian kontemporer Percaya bahwa keyakinan PANDUAN Pribadi kegiatan moral seseorang Politik Satu, bahwa Masyarakat dan sekuler adalah Yang layak pagar, Wajar dan Adil. [Rujukan? ]

Kristen Unitarian menolak doktrin dari beberapa denominasi Kristen bahwa Allah memilih untuk menebus atau menyimpan hanya orang-orang tertentu yang menerima kepercayaan, atau afiliasi dengan, sebuah gereja tertentu atau agama, dari yang umum merusak atau korupsi dari massa kemanusiaan. Kristen Unitarian menolak doktrin Dari beberapa denominasi Kristen bahwa Allah menebus expandabilas untuk menyimpan atau tertentu Hanya Orang-Orang Yang menerima kepercayaan, afiliasi atau Artikel Baru, Gereja Agama tertentu atau sebuah, Dari Yang Umum atau merusak Korupsi Dari massa kemanusiaan. Mereka percaya bahwa tindakan benar yang diperlukan untuk penebusan di samping iman. [Rujukan?] Mereka Percaya Benar bahwa tindakan Yang diperlukan untuk penebusan di Samping iman. [Rujukan? ]

Pada tahun 1938, pemimpin Kristen disebabkan “agama Yesus, bukan agama tentang Yesus” untuk Unitarian, [27] (meskipun kalimat pertama kali digunakan oleh Rollin Kongregasionalis Lynde Hartt pada tahun 1924). [28] years PADA 1938, pemimpin Kristen disebabkan “Agama Yesus, Agama Bukan Tentang Yesus” untuk Unitarian, [27] (meskipun kalimat Pertama kali perlengkapan Dibuat Kongregasionalis Rollin Lynde Hartt PADA years 1924). [28]
[Sunting] Modern organisasi Kristen Unitarian [sunting] Modern Organisasi Kristen Unitarian
Artikel utama: Sejarah Unitarianisme Artikel Utama: Sejarah Unitarianisme
Pertemuan Pertama Unitarian House, Madison, Wisconsin, dirancang oleh Frank Lloyd Wright Unitarian Pertemuan Pertama Unitarian House, Madison, Wisconsin, dirancang Dibuat Unitarian Frank Lloyd Wright

Bagian ini berkaitan dengan gereja-gereja Unitarian dan organisasi saat ini yang masih khusus Kristen dalam atau di luar Unitarian-Universalisme, yang mencakup agama-agama non-Kristen. Name of Suami berkaitan Artikel Baru Gereja-Gereja Unitarian dan Organisasi Saat Suami Yang Masih Khusus Kristen atau KESAWAN di Luar Unitarian-Universalisme, Agama-Agama Yang mencakup non-Kristen.
[Sunting] UUCF (USA) [sunting] UUCF (USA)

Para Unitarian Universalis Christian Fellowship (UUCF, didirikan 1945) mendahului konsolidasi dari American Unitarian Association (AUA) dan Gereja Universalis Amerika (UCA) ke dalam Unitarian Universalis Association (UUA) pada tahun 1961. Para Unitarian Universalis Christian Fellowship (UUCF, didirikan 1945) mendahului SUBSIDIARIES Dari American Unitarian Association (AUA) dan Gereja Universalis Amerika (UCA) ke KESAWAN Unitarian Universalis Association (UUA) PADA years 1961. UUCF terus sebagai subkelompok UUA melayani anggota Kristen. Terus UUCF sebagai subkelompok UUA melayani anggota Kristen.
[Sunting] ICUU [sunting] ICUU

Lainnya kelompok Kristen Unitarian berafiliasi dengan International Council of Unitarian dan Universalists (ICUU), didirikan pada tahun 1995. Lainnya Kelompok Kristen Unitarian berafiliasi Artikel Baru Dewan Internasional Universalists dan Unitarian (ICUU), didirikan PADA years 1995. The ICUU cenderung mengandung keanggotaan mayoritas yang mengungkapkan keyakinan Kristen Unitarian khusus, bukan pluralisme agama dari UUA, namun bagaimanapun tetap masyarakat liberal, berpikiran terbuka dan inklusif. [29] ICUU telah “anggota penuh” kelompok di Amerika Serikat, Australia dan Selandia Baru, Inggris, Kanada, Brasil, Republik Ceko, Finlandia, Jerman, Hungaria, Indonesia, India, Nigeria, Pakistan, Filipina, Rumania, Selatan Afrika, Sri Lanka. The ICUU cenderung mayoritas keanggotaan mengandung Yang mengungkapkan keyakinan Khusus Kristen Unitarian, pluralisme Agama Bukan Dari UUA, namun Tetap bagaimanapun, berpikiran Terbuka dan Masyarakat inklusif liberal. [29] ICUU telah “anggota Penuh” Kelompok di amerika Serikat, Australia dan Selandia Baru, Inggris, Kanada, Brasil, Republik Ceko, Finlandia, Jerman, Hungaria, Indonesia, India, Nigeria, Pakistan, Filipina, Rumania, Afrika Selatan Sri Lanka .

Para Unitarian modern Gereja di Hungaria (25.000 anggota) dan Gereja Unitarian Transylvania (75.000 anggota) yang berafiliasi dengan kelangsungan ICUU dan klaim dengan sejarah tradisi Kristen Unitarian yang didirikan oleh Ferenc David pada tahun 1565 di Transylvania di bawah John II Sigismund Zápolya. Modern Gereja Unitarian di Hongaria (25.000 anggota) dan Gereja Unitarian Transylvania (75.000 anggota) Yang berafiliasi Artikel Baru kontinuitas dan retensi sendiri ICUU Artikel Baru Tradisi Kristen Unitarian didirikan Sejarah Dibuat Ferenc David PADA years 1565 di Transylvania di Bawah Yohanes II Sigismund Zápolya. Gereja-gereja Unitarian di Hongaria dan Transylvania yang terstruktur dan terorganisir sepanjang hierarki gereja yang mencakup pemilihan oleh sinode dari seorang uskup nasional yang berfungsi sebagai pengawas Gereja. Gereja-Gereja Unitarian di Hongaria dan Transylvania terstruktur dan terorganisir Yang Sepanjang hierarki Gereja Yang Dibuat Dari mencakup pemilihan Sinode Yang seorang uskup pendidikan nasional berfungsi sebagai pengawas Gereja. Banyak Hungaria Unitarian merangkul prinsip-prinsip Unitarianisme rasionalis. [30] sekolah tinggi Unitarian hanya ada di Translyvania (Rumania), termasuk John Sigismund Unitarian Academy di Cluj-Napoca, dan Berde Mozes Unitárius Gimnázium di Cristuru Secuiesc (Székelykeresztúr); baik mengajarkan Unitarianisme Rasionalis. [Rujukan?] BANYAK Hungaria Unitarian rasionalis merangkul Prinsip-Prinsip Unitarianisme. [30] Sekolah Tinggi Unitarian Hanya ADA di Translyvania (Rumania), termasuk John Sigismund Unitarian Academy di Cluj-Napoca, dan Berde Mozes Unitárius Gimnázium di Cristuru Secuiesc (Székelykeresztúr); Baik mengajar rasionalis Unitarianisme. [Rujukan? ]

ICUU termasuk kecil “kelompok Associate”, termasuk Congregazione Italiana Cristiano Unitariana, Turin (didirikan pada tahun 2004) [31] dan Asosiasi Unitarian Bet David, Oslo (didirikan 2005). [32] ICUU termasuk Kecil “Kelompok Associate”, termasuk Congregazione Italiana Cristiano Unitariana, Turin (didirikan PADA years 2004) [31] dan Asosiasi Unitarian Bet David, Oslo (didirikan 2005). [32]
[Sunting] AUC (USA) [sunting] AUC (USA)

Konferensi Unitarian Amerika (AUC) dibentuk pada tahun 2000 dan berdiri di antara UUA dan ICUU dalam lampiran untuk elemen Kristen Unitarianisme modern. Konferensi Unitarian Amerika (AUC) dibentuk years PADA 2000 dan berdiri di ANTARA UUA dan elemen ICUU PERUSAHAAN KESAWAN untuk Kristen Unitarianisme modern. Amerika Unitarian Konferensi ini terbuka untuk non-Kristen Unitarian-keadaan yang sangat populer dengan teis non-Kristen dan Deists. [Rujukan?] AUC memiliki empat jemaat di Amerika Serikat. Konferensi Unitarian amerika Suami Terbuka untuk-Kristen Artikel Baru Yang Sangat Unitarian keadaan non-populer non-Kristen dan Deists teis. [Rujukan? ] AUC memiliki Empat Jemaat di amerika Serikat.
[Sunting] UCA (Inggris) [sunting] UCA (Inggris)

Para Unitarian Christian Association (UCA, Inggris) didirikan tahun 1991 oleh Rev Lancelot Garrard (1904-1993) [33] dan lain-lain untuk mempromosikan ide-ide khusus Kristen dalam Majelis Umum Unitarian dan Gereja-gereja Kristen Gratis (GAUFCC). Para Unitarian Christian Association (UCA, Inggris) didirikan years 1991 Dibuat Rev Lancelot Garrard (1904-1993) [33] dan lain-lain untuk mempromosikan ide-ide Kristen KESAWAN Khusus Majelis Umum Unitarian dan Gereja-Gereja Kristen Gratis (GAUFCC). Sama seperti UUCF dan ICUU menjaga hubungan formal dengan UUA di Amerika, sehingga UCA tidak dengan GAUFCC di Inggris. Sama Pembongkaran UUCF dan menjaga ICUU sales formal Artikel Baru UUA di amerika, sehingga UCA regular tidak GAUFCC Artikel Baru di Inggris.

Sebagian besar publikasi Kristen Unitarian yang disponsori oleh organisasi dan diterbitkan khusus untuk keanggotaan mereka. Sebagian Besar publikasi Kristen Unitarian Yang Dibuat hadirin Organisasi dan diterbitkan Khusus untuk keanggotaan mereka. Mereka umumnya tidak berfungsi sebagai alat untuk pekerjaan misionaris atau konversi menggembirakan. [Rujukan?] Mereka umumnya regular tidak berfungsi sebagai alat untuk pekerjaan misionaris mendorong atau Konversi. [Rujukan? ]
[Sunting] Eklesiologi [sunting] Eklesiologi
Bagian ini mungkin mengandung riset asli. Suami mungkin Name of mengandung riset asli. Harap memperbaikinya dengan melakukan verifikasi klaim yang dibuat dan menambahkan referensi. Harap memperbaikinya retensi sendiri memverifikasi Artikel Baru Yang referensi dan menambahkan Dibuat. Laporan hanya terdiri dari riset asli bisa dihapus. Laporan Hanya terdiri Dari riset asli Bisa dihapus. Rincian lebih lanjut dapat tersedia di halaman pembicaraan. (Desember 2010) Lanjut dapat USAHA Tersedia lebih PADA Auditan pembicaraan. (Desember 2010)

Ketika Unitarianisme dikembangkan di abad ke-17 selama era Protestan evolusi Kristen, benteng di Transylvania, Polandia, dan akhirnya Inggris dan bagian timur laut Amerika Serikat tegas dalam tradisi jemaat. Ketika Unitarianisme dikembangkan di abad ke-17 selama era Evolusi Kristen Protestan, Benteng di Transylvania, Polandia, dan akhirnya Inggris dan timur laut Name of Dari amerika Serikat Yang Tegas KESAWAN Tradisi Jemaat. Di wilayah berbahasa Hungaria itu mengadopsi sistem pemerintahan yang menggabungkan model Synodal dan Episkopal. [Rujukan?] Di Wilayah berbahasa Hungaria ITU mengadopsi sistem pemerintahan Yang menggabungkan Synodal model dan Episkopal. [Rujukan? ]

Bagi mereka gereja-gereja di bawah model jemaat, setiap gereja diatur sendiri secara independen dari otoritas hirarkis. * Bagi mereka Gereja-Gereja Jemaat di Bawah model, terkait masih berlangsung Gereja diatur Sendiri Secara TUBINDO Dari otoritas hirarkis. Ini milik jemaat kecil, namun, untuk asosiasi lebih formal gereja. Ini Milik Jemaat Kecil, namun, Gereja untuk asosiasi lebih formal. The American Unitarian Association, dibentuk pada tahun 1825, adalah salah satunya. The American Unitarian Association, dibentuk PADA years 1825, adalah salah satunya. Kemudian, pada tahun 1961, American Unitarian Association dan Gereja Universalis Amerika bergabung untuk membentuk Unitarian Universalis Association (UUA), yang merupakan organisasi terbesar Unitarian di AS. Kemudian, PADA years 1961, American Association dan Gereja Unitarian Universalis amerika bergabung untuk membentuk Unitarian Universalis Association (UUA), Yang merupakan Unitarian Organisasi terbesarnya di AS. The UUA tidak lagi secara eksplisit organisasi Kristen dan tidak secara eksklusif memfokuskan pada inti ajaran Yesus Kristus atau Kristen. [Sunting] Lagi regular tidak UUA seorang Kristen Organisasi Secara eksplisit dan Secara regular tidak eksklusif memfokuskan PADA inti ajaran Yesus KRISTUS atau Kristen [. rujukan? ]

Beberapa organisasi Unitarian masih mempromosikan kekristenan sebagai tema sentral mereka. Beberapa Organisasi mempromosikan Masih Unitarian Kekristenan sebagai tema sentral mereka. Di antara mereka, Unitarian Ministries International, Unitarian Universalis Christian Fellowship (UUCF, sebuah afiliasi dari UUA), [34] Majelis Umum Unitarian dan Gereja-gereja Kristen Gratis (GAUFCC) dari Britania Raya, dan Kristen Unitarian Association (UCA, afiliasi dari GAUFCC. [35] Di ANTARA mereka, Unitarian Ministries International, Yang Unitarian Universalis Christian Fellowship (UUCF, sebuah afiliasi Dari UUA), [34] Majelis Umum Unitarian dan Gereja-Gereja Kristen Gratis (GAUFCC) Dari Britania Raya, dan Kristen Unitarian Association (UCA, afiliasi Dari GAUFCC. [35]

Di AS, organisasi terbaru mempromosikan kembali ke akar teistik dari Unitarianisme adalah Unitarian Amerika Konferensi (AUC), yang dibentuk pada 2000. Di AS, mempromosikan terbaru Organisasi Dilaporkan ke akar teistik Dari Unitarianisme adalah Unitarian amerika Konferensi (AUC), Yang dibentuk PADA 2000. Tujuan yang dinyatakan AUC adalah untuk merumuskan dan mempromosikan Unitarian klasik yang berbasis keyakinan agama pemersatu, yang menyeimbangkan kebutuhan anggota dengan pendekatan praktis untuk inklusi dan berpikir bebas progresif. [Rujukan?] Menyatakan tujuannya AUC’s adalah untuk merumuskan mempromosikan dan klasik Unitarian Yang pemersatu SISTEM REKOMENDASI INDEKS keyakinan Agama, Yang menyeimbangkan kebutuhan anggota Artikel Baru pendekatan praktis untuk inklusi dan berpikir Bebas Progresif. [Rujukan? ]
[Sunting] dialog Interfaith dan hubungan [sunting] dan sales dialog Interfaith
Bagian ini mungkin mengandung riset asli. Suami mungkin Name of mengandung riset asli. Harap memperbaikinya dengan melakukan verifikasi klaim yang dibuat dan menambahkan referensi. Harap memperbaikinya retensi sendiri memverifikasi Artikel Baru Yang referensi dan menambahkan Dibuat. Laporan hanya terdiri dari riset asli bisa dihapus. Laporan Hanya terdiri Dari riset asli Bisa dihapus. Rincian lebih lanjut dapat tersedia di halaman pembicaraan. (Desember 2010) Lanjut dapat USAHA Tersedia lebih PADA Auditan pembicaraan. (Desember 2010)

kepercayaan Unitarian pesangon biasanya melibatkan identifikasi dengan “Kristen” yang dirumuskan dalam kredo dari Nicea dan gereja pra-Khalsedon (Ortodoks Oriental, Ortodoks Timur, Katolik Roma, dan Protestan paling). pesangon Unitarian kepercayaan biasanya melibatkan identifikasi Artikel Baru “Kristen” Yang KESAWAN Dari kredo Nicea dirumuskan dan Gereja pra-Khalsedon (Ortodoks Oriental, Ortodoks Timur, Katolik Roma, Protestan dan pagar). Unitarianisme Oleh karena itu di luar persekutuan tradisi-tradisi. Unitarianisme Dibuat KARENA ITU di Luar Persekutuan Tradisi-Tradisi. Katolik, Ortodoks dan Protestan kepercayaan umum bersikeras pada keyakinan Trinitarian sebagai aspek penting dari Kristen dan dasar untuk kelangsungan suatu kelompok identitas dengan iman Kristen yang bersejarah. [Rujukan?] Katolik, Ortodoks dan Protestan Umum kepercayaan bersikeras PADA keyakinan Trinitarian sebagai Aspek parts Dari Kristen dan ditempatkan untuk Kelompok Identitas suatu kontinuitas iman Kristen Artikel Baru Yang bersejarah. [Rujukan? ]

Namun, kadang-kadang, terutama dalam sejarah Protestan, secara tradisional kelompok Trinitarian berusaha untuk menggabungkan unitarianisme. Namun, kadang-kadang, terutama KESAWAN Sejarah Protestan, Secara tradisional Kelompok Trinitarian berusaha untuk menggabungkan unitarianisme. Ramah terhadap unitarianisme kadang-kadang hilang di tangan-tangan dengan anti-Katolik. Rama terhadap unitarianisme kadang-kadang Hilang di Tangan-Tangan Artikel Baru anti-Katolik. Dalam beberapa kasus kepercayaan non-Trinitarian atau unitarian telah diadopsi oleh beberapa, dan ditolerir dalam gereja-gereja Kristen sebagai “tidak penting”. KESAWAN KASUS beberapa kepercayaan atau non-Trinitarian telah beberapa Dibuat unitarian diadopsi, dan ditolerir KESAWAN Gereja-Gereja Kristen sebagai “regular tidak parts”. Inilah yang terjadi dalam bahasa Inggris Gereja Presbyterian, dan di Gereja Congregational di New England di akhir abad ke-18. Inilah KESAWAN Yang terjadi bahasa Inggris Gereja Presbyterian, di dan di Gereja Congregational di New England Penambahan abad ke-18. Gerakan Restorasi juga berusaha untuk membentuk hubungan yang kompatibel antara Trinitarian dan Unitarian, seperti yang dilakukan Hari Ketujuh Advent Baptis dan berbagai. Gerakan Restorasi Juga berusaha untuk membentuk sales Yang kompatibel ANTARA Unitarian dan Trinitarian, Pembongkaran Hari Ketujuh halnya berbagai Baptis dan Advent. Baptis Hari Ketujuh terus doktrin mereka unitarian dalam Konferensi Internasional tetapi menjadi Trinitarian di AS. Baptis Hari Ketujuh Terus doktrin mereka unitarian KESAWAN Konferensi Internasional tetapi menjadi Trinitarian di AS. Kecenderungan unitarian dalam kelompok terakhir ini muncul dari teologi asli mereka dan penolakan mereka terhadap tradisi Katolik tentang Trinitas. [Rujukan?] Kecenderungan KESAWAN Kelompok unitarian Terakhir Suami muncul Dari teologi asli mereka dan penolakan mereka terhadap Tradisi Katolik Tentang Trinitas. [Rujukan? ]

Dalam beberapa kasus, hal ini keterbukaan untuk Unitarianisme dalam gereja-gereja Trinitarian tradisional telah terinspirasi oleh motif ekumenis yang sangat luas. KESAWAN beberapa KASUS, baik dalam hal keterbukaan untuk Unitarianisme KESAWAN Gereja-Gereja Trinitarian telah motif tradisional Dibuat terinspirasi ekumenis Yang Sangat Luas. Modern denominasi Protestan liberal sering dituduh oleh Trinitarian dalam barisan mereka, dan kritik luar, menjadi acuh tak acuh terhadap doktrin, dan karena itu diri terisolasi dari masa lalu masing-masing Trinitarian dan warisan. Modern denominasi Protestan Sering dituduh liberal Dibuat Trinitarian KESAWAN mereka Barisan, Kritik dan Luar, acuh tak acuh terhadap doktrin menjadi, dan KARENA ITU terisolasi Diri Dari Masa Lalu masing-masing warisan dan Trinitarian. Dalam beberapa kasus, dibebankan bahwa denominasi Trinitarian tidak lagi Kristen, karena toleransi mereka kepercayaan unitarian antara guru mereka, dan seminari mereka. [Rujukan?] KASUS beberapa KESAWAN, dibebankan bahwa denominasi Kristen Trinitarian regular tidak Lagi, KARENA toleransi mereka kepercayaan mereka ANTARA guru unitarian, dan seminari mereka. [Rujukan? ]

Pada tingkat lokal, banyak kelompok Kristen unitarian (atau anggota) memiliki hubungan dengan jemaat yang berafiliasi dengan United Church of Kristus, Murid-murid Kristus, dan Persatuan Gereja, beberapa mengatakan bahwa mereka merasa lebih di rumah dalam denominasi ini dari Unitarian Universalisme. PADA tingkat lokal, Kelompok BANYAK Kristen unitarian (atau anggota) memiliki sales Artikel Baru Jemaat Artikel Baru Yang berafiliasi United Church of KRISTUS, KRISTUS Murid-murid, dan Persatuan Gereja, beberapa mengatakan bahwa mereka lebih merasa di rumah KESAWAN denominasi Suami Dari Unitarian Universalisme. Sebagian kecil orang Kristen unitarian juga memiliki hubungan dengan Progresif Kristen. [Rujukan?] Sebagian Kecil Orang Kristen unitarian Juga memiliki sales Artikel Baru Progresif Kristen. [Rujukan? ]

Meskipun persahabatan dekat dan warisan bersama yang ada antara penganut Unitarian Universalisme dan Kristen Unitarian, ada unsur dalam Universalisme Unitarian yang menentang kelompok Kristen khusus unitarian, percaya mereka menjadi eksklusif dan tidak toleran terhadap pemikiran non-Kristen. Meskipun Persahabatan Dekat dan warisan Bersama Yang ADA ANTARA penganut Unitarian Universalisme dan Kristen Unitarian, ADA Unsur KESAWAN Universalisme Unitarian Yang menentang Kelompok Khusus Kristen unitarian, Percaya mereka menjadi eksklusif dan regular tidak toleran terhadap pemikiran non-Kristen. Demikian juga, beberapa orang Kristen unitarian juga percaya bahwa Universalists Unitarian adalah tidak toleran terhadap pemikiran Kristen dan cenderung meminggirkan orang Kristen. [Rujukan?] Juga Demikian, beberapa Orang Kristen unitarian Universalists Juga Percaya bahwa pemikiran adalah regular tidak toleran terhadap Kristen Unitarian cenderung meminggirkan dan Orang Kristen. [Rujukan? ]
[Edit] Unitarian Terkemuka [sunting] Unitarian Terkemuka
Artikel utama: Daftar Unitarian, Universalists, dan kesatuan Universalists Artikel Utama: Daftar Unitarian, Universalists, Universalists kesatuan dan

Unitarian terkenal termasuk Ralph Waldo Emerson dan Theodore Parker dalam teologi dan pelayanan, Joseph Priestley dan Linus Pauling dalam ilmu, Susan B. Anthony, John Locke di pemerintahan sipil, dan Florence Nightingale dalam keadilan kemanusiaan dan sosial, Charles Dickens dan Samuel Taylor Coleridge dalam sastra , Frank Lloyd Wright di bidang seni, Josiah Wedgwood dalam industri dan Charles William Eliot dalam pendidikan. termasuk Unitarian terkenal Ralph Waldo Emerson dan Theodore Parker KESAWAN teologi dan pelayanan, Joseph Priestley dan Linus Pauling KESAWAN Ilmu, Susan B. Anthony, John Locke di pemerintahan Sipil, dan Florence Nightingale KESAWAN dan Keadilan sosial kemanusiaan, Charles Dickens dan Samuel Taylor Coleridge sastra KESAWAN , Frank Lloyd Wright di Seni Kepemilikan Modal, Josiah Wedgwood KESAWAN dan industri Charles William Eliot Pendidikan KESAWAN. Lima presiden Amerika Serikat adalah Unitarian: John Adams, Thomas Jefferson, John Quincy Adams, Millard Fillmore, dan William Howard Taft. Lima presiden amerika Serikat adalah Unitarian: John Adams, Thomas Jefferson, John Quincy Adams, Millard Fillmore, dan William Howard Taft. Unitarian lainnya termasuk Sir Tim Berners-Lee, Lancelot Ware, pendiri Mensa, Adrian Sir Boult, konduktor, dan C. Unitarian Lainnya termasuk Sir Tim Berners-Lee, Lancelot Ware, Mensa pendiri, Sir Adrian Boult, konduktor, dan C Killick Millard, pendiri Masyarakat Eutanasia. Killick Millard, pendiri Masyarakat Eutanasia.
[Sunting] Lihat pula [sunting] Lihat pula
P Agama Agama world.svg portal portal Agama

  • Anomoeanism-radikal Arians dari abad ke-4. Anomoeanism-Radikal Arian Dari abad ke-4.
  • Binitarianism Binitarianism
  • Kristadelfia Kristadelfia
  • Ilahi Ilahi kesederhanaan kesederhanaan
  • Kristen Gratis Kristen Gratis
  • Yesus dalam Islam Yesus KESAWAN Islam

Daftar * dari Unitarian, Universalists, dan Universalists Unitarian PRATAMA Universalists Unitarian,, Universalists dan Unitarian

  • Mesianik Yudaisme Mesianik Yudaisme
  • Monarchianisme Monarchianisme
  • Non-gereja Trinitarian Gereja non-Trinitarian
  • Kesatuan Pentakostalisme Pentakostalisme Keesaan
  • Brethren Brethren Polandia Polandia
  • Sabelianisme Sabelianisme
  • Socinianism Socinianism
  • Yang Baru Gereja Baru Gereja
  • Universalisme Unitarian Universalisme Unitarian
  • William Channing Ellery Ellery William Channing

[Sunting] Referensi [sunting] Referensi

1. ^ Dogma Trinitas di ‘Catholic Encyclopedia’, ed. Dogma Trinitas ^ ‘Ensiklopedia Katolik di, ed. Kevin Knight di New Advent website Kevin Knight di situs web New Advent
2. ^ Lihat AW Gomes, Beisner EC, dan Universalisme RM Bowman, Unitarian (Zondervan, 1998), hlm 30-79 ^ Lihat AW Gomes, Beisner EC, RM dan Bowman, Universalisme Unitarian (Zondervan, 1998), hlm 30-79
3. ^ George Willis Cooke, Unitarianisme di Amerika (AUA, 1902), pp 224-230 ^ George Cooke Willis, Unitarianisme di Amerika (AUA, 1902), pp 224-230
4. ^ Lihat hasil jajak pendapat baru pada teologis identitas diri di antara UUS dalam laporan Diversity Melibatkan Theological kami, hal 70-72. ^ Lihat Hasil jajak pendapat PADA Identitas Diri Baru teologis ANTARA UUS KESAWAN Keanekaragaman Kami Theological Melibatkan Laporan, hal 70-72.
5. ^ Ruth Gledhill Akhir sudah dekat untuk Unitarian, menteri memperingatkan Times (Inggris) 24 Mei 2004 ^ Ruth Gledhill Awal Sudah Dekat untuk Unitarian, menteri memperingatkan Times (Inggris) 24 Mei 2004
6. ^ David Miano, Sebuah Penjelasan agama Kristen Unitarian (AUC, 2003), hal ^ David Miano, Sebuah Penjelasan Agama Kristen Unitarian (AUC, 2003), hal 15 15
7. ^ James Hastings Encyclopedia of Religion dan Etika Bagian 2, Bagian 2 p785 “Unitarianisme dimulai, di sisi lain, dengan penyangkalan terhadap pra-eksistensi … pendapat ini, bagaimanapun, harus dianggap terpisah dari Arianisme yang tepat,. .. ” ^ James Hastings Encyclopedia of Religion dan Etika Name of 2, Name of 2 p785 “Unitarianisme dimulai, di Sisi lain, baik dalam penyangkalan terhadap pra-eksistensi Artikel Baru … pendapat, bagaimanapun, dianggap terpisah Harus Dari Yang Arianisme tepat,. ..”
8. ^ Odhner CT Michael Servetus, Hidup dan Ajaran-Nya, halaman 77 2009 “Ini akan terlihat dari ekstrak bagaimana benar-benar tanpa dasar adalah pernyataan bahwa Servetus menyangkal pra-eksistensi kekal Kristus” Odhner ^ CT Michael Servetus, Hidup dan Ajaran- nya, halaman 77 2009 “Ini akan terlihat Dari ekstrak bagaimana Benar-Benar ditempatkan Tanpa pernyataan bahwa Servetus adalah menyangkal pra-eksistensi Kekal KRISTUS”
9. ^ “Di antara ulama kontemporer, konsensus adalah bahwa Newton adalah seorang Arian,” kata Thomas C. Pfizenmaier, “Apakah Isaac Newton seorang Arian?” Jurnal Sejarah Gagasan (1997) 68:57-80. ^ “Di ANTARA ulama kontemporer, Rapat konsensus adalah bahwa Newton adalah seorang Arian,” kata Thomas C. Pfizenmaier, “Apakah seorang Isaac Newton Arian?” Jurnal Sejarah Gagasan (1997) 68:57-80. Maurice F. Wiles, pola dasar Bidat: Arianisme Melalui Berabad-abad (1996) p 133 menunjukkan bahwa Unitarianisme modern muncul setelah kematian Newton, David Nicholls, Tuhan dan Pemerintah dalam sebuah ‘usia of Reason’ (1995) Page 44, juga menekankan bahwa Unitarianisme ide muncul setelah kematian Newton. Maurice F. Wiles, POLA ditempatkan Bidat: Arianisme Canada Berabad-abad (1996) p ‘Usia of Reason’ 133 menunjukkan bahwa Unitarianisme modern Penghasilan kena pajak Kematian muncul Newton, David Nicholls, Tuhan dan Pemerintah KESAWAN sebuah (1995) Page 44, Juga menekankan bahwa Unitarianisme ide muncul Penghasilan kena pajak Kematian Newton.
10. ^ Lihat bukunya, A Pernyataan Alasan untuk Tidak Percaya dalam Doktrin-doktrin Trinitarian (1859) ^ Lihat bukunya, Sebuah Pernyataan Alasan untuk regular tidak Percaya Doktrin-doktrin KESAWAN Trinitarian (1859)
11. ^ Lihat khotbah yang terkenal, “Unitarian Kristen” di Karya KAMI Channing, DD (1841) khotbah ^ Lihat Yang terkenal, “Unitarian Kristen” di Karya KAMI Channing, DD (1841)
12. ^ Lihat juga Saksi-Saksi Yehuwa, Gereja-gereja Kristen Allah (CCG), dan Filipina Iglesia ni Cristo berbasis. Lihat Juga ^ Saksi-Saksi Yehuwa, Gereja-Gereja Kristen Allah (CCG), dan Filipina SISTEM REKOMENDASI INDEKS Iglesia ni Cristo.
13. ^ Allan Hoben perawan Kelahiran 1903 “Dari keyakinan di atas-menyatakan bahwa dari Theodotus Byzantium mungkin yang paling mencolok, dalam hal itu, sementara mengakui kelahiran perawan, ia menolak pengurangan umumnya dibuat darinya, menghubungkan kepada Kristus hanya unggulan kebenaran yang “^ Allan Hoben perawan Kelahiran 1903″ Dari disebutkan di tetap Permanent keyakinan bahwa Dari Theodotus Bizantium mungkin Yang mencolok pagar, KESAWAN ITU hal, & e mengakui kelahiran perawan, besarbesaran menolak Equity umumnya Dibuat darinya, menghubungkan kepada KRISTUS Hanya unggulan kebenaran ”
14. ^ William Bright Beberapa Aspek Kehidupan primitif Gereja p127 “tampilan aslinya adalah dimasukkan ke dalam bentuk nyata lebih menurut Artemon, yang menganggap Yesus Kristus sebagai dibedakan dari nabi oleh (1) kelahiran perawan-, (a) unggul kebajikan” ^ William Bright Beberapa Aspek Kehidupan primitif Gereja p127 “tampilan aslinya adalah dimasukkan ke KESAWAN Bentuk Nyata lebih menurut Artemon, Yang menganggap Yesus KRISTUS dibedakan sebagai nabi Dari Dibuat (1)-kelahiran perawan, (a) Unggul kebajikan”
15. ^ Charles Tutorial doa buku p.599 ^ Charles Tutorial doa buku p.599
16. ^ Stead, Christopher (1996/01/27). Filsafat di Antiquity Kristen. ^ Stead, Christopher (1996/01/27). Filsafat di Antiquity Kristen. Cambridge: Cambridge University Press. Cambridge: Cambridge University Press. 189 hlm. ISBN 978-0521469555. 189 hlm. ISBN 978-0521469555.
17. ^ Toon Houdt Self-presentasi dan sosial identifikasi hal.238 “apologis Kristen menelusuri asal Socinianism dengan ajaran Photinus (abad ke-4), yang menurut St Agustinus menyangkal keberadaan pra-Kristus.” ^ Toon dan Houdt Self-presentasi hal.238 identifikasi sosial “apologis Kristen menelusuri asal Socinianism Artikel Baru ajaran Photinus (abad ke-4), Yang menurut St Agustinus menyangkal keberadaan pra-KRISTUS.”
18. ^ Watson. ^ Watson. R. Sebuah Alkitab dan teologis kamus p999 R. Sebuah teologis dan Kamus Alkitab p999
19. ^ Hayward, A. Apakah Yesus benar-benar datang turun dari surga? ^ Hayward, A. Apakah Yesus Benar-Benar turun Datang Dari Surga? CALS CALS
20. ^ Perry, A. Sebelum ia lahir. ^ Perry, A. at Lahir besarbesaran. Willow Willow Publikasi Publikasi
21. ^ RK Webb “Keajaiban dalam bahasa Inggris Unitarian Thought” Essay, bab 6 di ed. ^ RK Webb “Keajaiban KESAWAN bahasa Inggris Unitarian Thought” Essay, bab 6 di ed. Mark S. Micale, Robert L. Dietle, Peter Gay Pencerahan, gairah, modernitas: esai historis di Eropa Pemikiran dan Budaya 2007 p120 ref cf 22 p423 “Belsham pada Kelahiran Perawan,” Keterangan di Mr Bangga’s Pamflet, “Repositori i Bulanan (1806): Bandingkan Richard Wright, merayakan Unitarian misionaris, An Essay on Pembuahan Wasiat Yesus Kristus (London, 1808) “. Mark S. Micale, Robert L. Dietle, Peter Gay Pencerahan, Gairah, modernitas: esai historis di eropa dan Pemikiran Budaya 2007 ref 22 cf p120 p423 “Belsham PADA Kelahiran Perawan,” Keterangan di Mr Bangga’s Pamflet, “Repositori i Bulanan (1.806 ): Bandingkan Richard Wright, misionaris Unitarian merayakan, An Essay on Pembuahan Wasiat Yesus KRISTUS (London, 1808) “.
22. ^ Wright RA penelaahan terhadap kehidupan misionaris dan buruh Richard Wright p68 “Setelah mereka tertarik untuk berpikir bebas, beberapa menyerah doktrin konsepsi ajaib, dari membaca tulisan suci saja, dan mengamati hal-hal tertentu di sana dengan yang tidak dapat berdamai. ” ^ Wright RA meninjau Dari kehidupan misionaris dan Buruh Richard Wright p68 “Setelah mereka tertarik untuk berpikir Bebas, beberapa menyerah konsepsi doktrin Ajaib, Dari Membaca Tulisan Suci Saja, mengamati dan hal-hal tertentu di Sana didamaikan Artikel Baru Yang Bisa regular tidak.”
23. ^ Geoffrey W. Bromiley International Standard Bible Encyclopedia: E-J 1982 p9 “Origen adalah yang pertama untuk membedakan antara dua jenis Ebionit teologis: mereka yang percaya pada Kelahiran Perawan dan mereka yang menolak itu” ^ Geoffrey W. Bromiley International Standard Bible Encyclopedia: 1982 EJ p9 “Origen Yang Pertama adalah untuk membedakan jenis dan doa ANTARA Ebionit teologis: mereka Yang Percaya PADA Kelahiran Perawan dan mereka Yang ITU ditolak”
24. ^ William Carl Placher Sejarah teologi Kristen: “. Unitarian Rasionalis seperti William Ellery Channing berargumentasi dari Alkitab dan bukti keajaiban” sebuah pengantar p265 1983 ^ William Carl Placher Sejarah teologi Kristen: mukjizat yang. “Sebuah p265 1983” Rasionalis Unitarian Pembongkaran Ellery William Channing berargumentasi Dari pengenalan Alkitab dan Bukti
25. ^ Jack Mendelsohn Channing, radikal enggan: biografi 1971 “Juri Suffolk County grand didakwa dia di tiga tuduhan menghujat dan kecabulan: (1) ia telah mengutip sebuah bagian keji oleh Voltaire meremehkan dara kelahiran Yesus” Jack ^ Mendelsohn Channing , Radikal enggan: biografi 1971 “Sebuah Juri Suffolk County didakwa grand diameter di Tiga tuduhan menghujat kecabulan dan: (1) besarbesaran telah mengutip sebuah Name of Keji Dibuat Voltaire meremehkan dara kelahiran Yesus”
26. ^ Lihat Joseph Samuel Mei, Apa Unitarian Percaya? (Albany: Gulma, Parsons, dan Co, 1860 diterbitkan kembali 1867), AC Henderson, Apa Unitarian Percaya? (1886), Dewey Orville, The Keyakinan Unitarian (Boston, 1873), James Freeman Clarke, Manual Kepercayaan Unitarian (1885, 20 1924 red), George H. Ellis, Apa Unitarian Percaya Kristus Tentang Yesus? (Boston 1890), Yabes T. Sunderland, Apa Unitarian Percaya? (New York AUA, 1891). ^ Lihat Samuel Yusuf Mei, Percaya Unitarian Apa? (Albany: gulma, Parsons, dan Co, Dilaporkan diterbitkan 1860 1867), AC Henderson, Apa Unitarian Percaya)? (1886), Dewey Orville, Unitarian The Keyakinan (Boston, 1873, James Freeman Clarke, Kepercayaan Manual Unitarian (1885, 20 1924 red), George H. Ellis, Percaya Unitarian Apa Tentang Yesus KRISTUS,? (Boston 1890) Yabes T. Sunderland, Apa Percaya Unitarian? (New York AUA, 1891).
27. ^ Pemimpin Kristen, Volume 120, Bagian 2 – “. Pandangan ini menemukan ekspresi tepukan dalam diktum bahwa Kristen adalah agama Yesus, bukan agama tentang Yesus Seorang menteri Unitarian terhormat ..” Halaman 1034, 1938 ^ Pemimpin Kristen, Volume 120, 2 Name of – Page 1034, 1938 “Pandangan Suami menemukan Ekspresi tepukan KESAWAN diktum bahwa Agama Kristen adalah Yesus, Agama Bukan Tentang Yesus … terhormat Unitarian Seorang menteri”
28. ^ Sebagai subjudul untuk Rollin Lynde Hartt, Manusia Sendiri 1924 ^ sebagai subjudul untuk Rollin Lynde Hartt, Manusia Sendiri 1924
29. ICUU ^ ^ laman web dengan dunia peta Auditan ICUU Dunia web peta Artikel Baru
30. ^ David Keyes Paling Suka Sebuah Arch 1999 p106 “Dan bagi mereka [UUS] yang mengambil waktu untuk memahami kepercayaan Unitarian Transylvania, mungkin ada beberapa penemuan mengejutkan harus dibuat Mereka. Humanis mereka Kristen Unitarian yang mendalam dalam rasionalisme,! Ini sangat dipengaruhi oleh Yudaisme yang “^ David Keyes Paling Suka Sebuah Arch 1999 p106″ BAGI Dan mereka [UUS] julian mengambil untuk memahami kepercayaan Unitarian Transylvania, mungkin ADA beberapa penemuan Yang mengejutkan akan Dibuat Mereka adalah humanis,.! Unitarian mereka Kekristenan adalah rasionalisme direndam KESAWAN Sangat adalah Dibuat dipengaruhi Yudaisme ”
31. ^ Website di Italia, Roberto Wahyu Website Rosso Rosso ^ Wahyu di Italia, Roberto
32. ^ Unitarforbundet Taruhan David (Den unitarkirke Norske) Website di Norwegia ^ Unitarforbundet Taruhan David (Den unitarkirke Norske) Situs Web di Norwegia
33. ^ The Independent – ^ Obituary The Independent – Obituary
34. ^ ^ http://www.uuchristian.org/ http://www.uuchristian.org/
35. ^ ^ http://www.ukunitarians.org.uk/christian/index.htm http://www.ukunitarians.org.uk/christian/index.htm

[Sunting] Sumber [sunting] Sumber

  • Tuggy Dale Unitarianisme Tambahan ‘Trinitas’, Ensiklopedi Filsafat Stanford Dale Trinitas Tuggy ‘ke’ Transaksi Unitarianisme, Stanford Encyclopedia of Philosophy
  • Earl Wilbur Morse kami Unitarian Heritage (1925) Sejarah unitarianisme di Polandia, Transylvania, Inggris dan Amerika Serikat. Morse Earl Wilbur Kami Unitarian Heritage (1925) Sejarah unitarianisme di Polandia, Transylvania, Inggris dan amerika Serikat. Direproduksi dalam format PDF dengan Starr King Sekolah Departemen, Berkeley, California.

Encyclopædia Britannica (Eleventh ed.). Encyclopædia Britannica (Eleventh ed.). Cambridge University Press. Cambridge University Press.

http://translate.google.co.id/translate?hl=id&sl=en&u=http://en.wikipedia.org/wiki/Unitarianism&ei=f0IZTdz1FsHnrAfJoPjRCw&sa=X&oi=translate&ct=result&resnum=1&ved=0CCAQ7gEwAA&prev=/search%3Fq%3DUnitarianism%26hl%3Did%26client%3Dfirefox-a%26hs%3D0p4%26rls%3Dorg.mozilla:en-US:official%26prmd%3Divnsb

Advertisements