Resesi Sebabkan 5,7 juta Warga AS di-PHK

Resesi Sebabkan 5,7 juta Warga AS di-PHK

May 8th, 2009 in BERITA dan OPINI | No Comments »

Kirim ke email teman

EKONOMI : Amerika
Foto: blog.syracuse.comFoto: blog.syracuse.com

oleh Hidayatullah Muttaqin

Di tengah upaya memulihkan ekonominya yang “berantakan”, pemerintah Amerika Jum’at (8/5/) mengeluarkan laporan terbaru sektor ketenagakerjaan yang suram. Angka pengangguran di negeri Obama tersebut pada bulan April bertambah menjadi 8,9%. Ini merupakan level tertinggi sejak tahun 1983. Laporan ini sekaligus menjadi indikator resesi telah memukul ketersediaan lapangan kerja di AS dengan “ganas”.

Jumlah pengangguran AS pada bulan April bertambah 539.000 orang lebih rendah dari PHK yang terjadi pada Maret sebanyak 699.000 orang.  Tetapi secara keseluruhan dengan tetap terjadinya PHK dalam jumlah yang massal di AS, tingkat pengangguran semakin tinggi.

Sektor manufaktur AS mengalami efisiensi paling besar karena sektor ini merumahkan 149 ribu tenaga kerja. Sedangkan sektor konstruksi memangkas jumlah tenaga kerja sebanyak 110 ribu orang. Sektor bisnis dan jasa menutup122 ribu lapangan kerja dan sektor retail mem-PHK 47 ribu tenaga kerja. Hanya sektor pelayanan kesehatan dan pendidikan, serta pegawai pemerintah yang mengalami peningkatan lapangan kerja, masing-masing 15 ribu dan 70 ribu.

Sejak resesi mulai menimpa AS pada Desember 2007 hingga sekarang, sudah 5,7 juta warga AS yang harus meninggalkan pekerjaannya. Kondisi ini menyebabkan jumlah pengangguran terakhir meningkat menjadi 13,7 juta orang.

Sementara itu Financial Times memberitakan prediksi para ahli ekonomi, bahwa dalam bulan ini PHK dapat menimpa 610.000 pekerja. Kondisi ini menggambarkan bahwa AS masih jauh dari jalan keluar krisis. Bukan tidak mungkin ke depan AS mengalami kondisi yang lebih sulit. [JURNAL EKONOMI IDEOLOGIS / http://www.jurnal-ekonomi.org]