BOIKOT DENMARK !!! Ada 17 Media Cetak Denmark yang Cetak Ulang Kartun Nabi

Kamis, 14/02/2008 06:31 WIB
Ada 17 Media Cetak Denmark yang Cetak Ulang Kartun Nabi
Gagah Wijoseno – detikNews

Copenhagen – Media cetak Denmark kembali membuat ulah dengan menduplikasi ulang kartun Nabi Muhammad yang pernah membuat heboh 2 tahun lalu. Jumlah media cetak yang menerbitkan lagi kartun nabi mencapai belasan nama.

Dalam pemberitaan AFP, Kamis (14/2/2008), sekurangnya ada 17 media cetak yang memunculkan lagi kartun kontroversial itu.

Kebanyakan koran hanya menerbitkan 1 kartun yang melukiskan kartun nabi dengan sorban yang berbentuk bom. Tapi Tabloid Ekstra Bladet berani mencetak ulang semua gambar yang berjumlah 12 karikatur.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk perlawanan atas usaha terorisme pembunuhan terhadap sang karikaturis Kurt Westergaard. Mereka menyatakan hal tersebut sebagai bentuk kebebasan berekspresi.

“Rencana pembunuhan sangat mengejutkan dan mencemaskan. Itu menunjukkan ada kelompok fanatik Islam yang siap untuk mewujudkan ancamannya sekaligus menunjukkan di negara ini ada yang tidak menghormati kebebasan berekspresi,” demikian editorial Politiken.

Kemunculan kartun itu memunculkan reaksi bagi umat Islam di Denmark. Imam Walid Abdul Pedersen mengatakan, pembelaan Westergaard tidak seharusnya diwujudkan dalam bentuk seperti itu.

“Itu bukan ide yang bagus untuk memunculkannya lagi. Surat kabar bisa membela karikaturis dengan cara lain, tanpa ulah provokatif. Hal yang bagus untuk membuka dialog kebebasan berkespresi, tapi Anda jangan memulainya dengan kontroversi,” ungkapnya.
(gah/gah)

http://www.detiknews.com/read/2008/02/14/063131/893678/10/ada-17-media-cetak-denmark-yang-cetak-ulang-kartun-nabi